Tesis

Faktor-faktor Prediktor Mortalitas Pasien HIV/AIDS Rawat Inap = Predictors of Mortality among Hospitalized Patients with HIV/AIDS.

Latar Belakang: Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) adalah masalah besar yang mengancam Indonesia dan banyak negara di seluruh dunia. Pengetahuan tentang karakteristik dan prediktor mortalitas dapat membantu dalam penatalaksanaan pasien. Penelitian terdahulu mengenai faktor-faktor prediktor mortalitas di Indonesia belum ada.
Tujuan: Mengetahui faktor-faktor prediktor mortalitas pasien HIV/AIDS dewasa yang dirawat inap di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).
Metode: Penelitian ini merupakan studi kohort retrospektif pada pasien rawat inap dewasa RSCM yang didiagnosis HIV/AIDS selama tahun 2011-2013. Data klinis dan laboratorium beserta status luaran (meninggal atau hidup) dan penyebab mortalitas selama perawatan diperoleh dari rekam medis. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square dilakukan pada tujuh variabel prognostik, yaitu jenis kelamin laki-laki, tidak dari rumah sakit rujukan, tidak pernah/putus terapi antiretroviral (ARV), stadium klinis WHO IV, kadar hemoglobin

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Estie Puspitasari - Nama Orang
Evy Yunihastuti - Nama Orang
Iris Rengganis - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T 15 180 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 67 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15180FKT15180FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-faktor Prediktor Mortalitas Pasien HIV/AIDS Rawat Inap = Predictors of Mortality among Hospitalized Patients with HIV/AIDS.

Related Collection